Just another free Blogger theme

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 11 Maret 2016

Langkah-Langkah Menyusun Kabel Jaringan (Crimping Kabel Jaringan )

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk menyusun kabel jaringan dari kabel UTP dengan konektor RJ45 dimana susunan kabel ni digunakan untuk menghubungkan hardware komputer. Ada dua jenis type kabel pada UTP yaitu, Straight dan Cross. Kabel Straight digunakan untuk menghubungkan 2 buah hardware yang berbeda seperti antara switch dengan computer. Sedangkan Kabel Cross digunakan untuk menghubungkan antar computer. Berikut ini peralatan yang perlu disiapkan :

     - Kabel UTP
     - Connector Head RJ45
     - Tang Crimping
     - Gunting
     - LAN Tester ( optional )

Membuat Kabel Straight

Buka kulit luar kabel UTP dengan menggunakan gunting.

Maka akan terlihat kabel dalam yang terdiri dari 8 kabel berwarna yang berbeda, luruskan kabel tersebut satu-persatu.


Urutkan kabel-kabel tersebut sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
Putih Hijau – Hijau, Putih Orange – Biru, Putih Biru – Orange, Putih Coklat – Coklat.

Ratakan ujung dari ke 8 kabel tersebut yang sudah diurutkan lalu masukan kedalam konektor RJ45 sampai menempel pada bagian tembaga RJ45.Lalu gunakan tang crimping untuk mengepresnya.



Jika kabel sudah di crimping gunakan alat LAN Connector untuk mengetahui bahwa kabel sudah bisa terhubung atau belum. Atau bisa langsung mengetesnya di dalam computer kita melalui perintah CommandPrompt.




Membuat Kabel Cross ( Peer to Peer )

Dalam hal ini untuk langkah-langkahnya sama seperti dalam pembuatan kabel Straight hanya saja ketentuan susunan kabelnya yang berbeda yaitu sebagai berikut :
Putih Orange – Orange,Putih Hijau – Biru,Putih Biru – Hijau, Putih Coklat – Coklat.

Setelah kabel sudah di crimping maka selanjutnya adalah dengan mengetes di computer/PC kita dengan perintah cmd sebagai berikut.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar