Seringkali kita mengalami masalah ketika menggunakan jasa atau barang tertentu. Masakan restoran yang tidak sesuai pesanan, penerbangan yang tertunda, mesin yang sering ngadat, pelayanan yang tidak menyenangkan, dan beragam masalah lainnya. Ketika masalah itu datang, beragam cara pula yang kita lakukan dalam menyampaikan keluhan atau komplain. Dari sekedar curhat ke teman, sampai emosi mencaci-maki di social media.
Setiap orang berhak untuk menyampaikan pendapat, termasuk mengekspresikan keluhannya. Namun, juga perlu diingat bahwa orang lain juga punya hak yang sama dalam menyampaikan pendapat, termasuk dalam menanggapi keluhan orang lain. Sederhananya, seperti hukum fisika, jika ada aksi, maka ada reaksi.
Disini bisa digaris bawahi tentang menyampaikan komplain atau keluhan tanpa perlu emosi yang berlebihan. Masalah lambat laun akan menemukan jalan keluar dan mendapatkan hasilnya. Mungkin ane bisa berbagi tips dan cara menyampaikan masalah komplain yang tepat. Cekibrot gan!!
Hal ini sangat membantu untuk menjernihkan pikiran dan bertindak tanpa emosi, sehingga bisa membuat kita menyampaikan keluhan dengan benar.
2. Bertindak segera
Menyampaikan keluhan sebisa mungkin tidak berada waktu yang lama dari kejadian,
sehingga dapat ditelusuri dan diselesaikan dengan cepat.
3. Tetap tenang
Tanpa perlu emosi berlebihan, penyampaian keluhan yang kalem dan tenang akan mudah
diterima.
4. Bersahabat
Layaknya berbicara kepada sahabat atau teman baik, pastinya akan melakukan hal yang
nyaman. Tulis atau sampaikan kata-kata yang bersahabat dan enak didengar.
5. Jelaskan apa adanya
Berikan informasi kronologi dengan benar dan tanpa perlu ditambah-tambahkan dalam
menyampaikan.
6. Toleransi
Pahami dan beri waktu tanpa perlu buru-buru untuk mendapatkan hasil. Karena mereka
perlu tahu kronologi kejadian dan permasalahan.
7. Tepat sasaran
Komplainlah kepada yang bersangkutan, bukan mengumbar tidak jelas dan tidak ke arah
tujuan. Tepat ini juga dengan melakukan komplain dengan cara yang benar.
8. Siap menerima
Apapun hasilnya harus siap menerima, baik dan buruk tinggal disikapi secara pribadi.
Semua dapat diambil hikmahnya dalam setiap kejadian.
Terkadang situasi untuk komplain pun harus dipahami dahulu, seperti keadaan yang memang dari kesalahan sendiri atau dari yang bersangkutan.
Sumber :
http://www.kaskus.co.id/thread/5402674332e2e653178b4567/percuma-kalo-asal-komplain-dan-emosi-masalah-tidak-akan-selesai/
0 komentar:
Posting Komentar