Just another free Blogger theme

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 08 November 2014


Seringkali kita mengalami masalah ketika menggunakan jasa atau barang tertentu. Masakan restoran yang tidak sesuai pesanan, penerbangan yang tertunda, mesin yang sering ngadat, pelayanan yang tidak menyenangkan, dan beragam masalah lainnya. Ketika masalah itu datang, beragam cara pula yang kita lakukan dalam menyampaikan keluhan atau komplain. Dari sekedar curhat ke teman, sampai emosi mencaci-maki di social media.

Setiap orang berhak untuk menyampaikan pendapat, termasuk mengekspresikan keluhannya. Namun, juga perlu diingat bahwa orang lain juga punya hak yang sama dalam menyampaikan pendapat, termasuk dalam menanggapi keluhan orang lain. Sederhananya, seperti hukum fisika, jika ada aksi, maka ada reaksi.

Disini bisa digaris bawahi tentang menyampaikan komplain atau keluhan tanpa perlu emosi yang berlebihan. Masalah lambat laun akan menemukan jalan keluar dan mendapatkan hasilnya. Mungkin ane bisa berbagi tips dan cara menyampaikan masalah komplain yang tepat. Cekibrot gan!!


1. Bersikap dan berpikiran positif
    
    Hal ini sangat membantu untuk menjernihkan pikiran dan bertindak tanpa emosi, sehingga     bisa membuat kita menyampaikan keluhan dengan benar.

2. Bertindak segera

    Menyampaikan keluhan sebisa mungkin tidak berada waktu yang lama dari kejadian, 
    sehingga dapat ditelusuri dan diselesaikan dengan cepat.

3. Tetap tenang
    Tanpa perlu emosi berlebihan, penyampaian keluhan yang kalem dan tenang akan mudah
    diterima.

4. Bersahabat
    
    Layaknya berbicara kepada sahabat atau teman baik, pastinya akan melakukan hal yang
    nyaman. Tulis atau sampaikan kata-kata yang bersahabat dan enak didengar.

5. Jelaskan apa adanya
  
    Berikan informasi kronologi dengan benar dan tanpa perlu ditambah-tambahkan dalam
    menyampaikan.

6. Toleransi
 
    Pahami dan beri waktu tanpa perlu buru-buru untuk mendapatkan hasil. Karena mereka
    perlu tahu kronologi kejadian dan permasalahan.

7. Tepat sasaran
 
    Komplainlah kepada yang bersangkutan, bukan mengumbar tidak jelas dan tidak ke arah
    tujuan. Tepat ini juga dengan melakukan komplain dengan cara yang benar.

8. Siap menerima

    Apapun hasilnya harus siap menerima, baik dan buruk tinggal disikapi secara pribadi.
    Semua dapat diambil hikmahnya dalam setiap kejadian.

Terkadang situasi untuk komplain pun harus dipahami dahulu, seperti keadaan yang memang dari kesalahan sendiri atau dari yang bersangkutan.

Sumber :

http://www.kaskus.co.id/thread/5402674332e2e653178b4567/percuma-kalo-asal-komplain-dan-emosi-masalah-tidak-akan-selesai/


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar